Cara Efektif Mencuci Karpet Masjid

Cara Efektif Mencuci Karpet Masjid

Posted on

Di dalam sebuah masjid, karpet yang sekaligus difungsikan sebagai sajadah adalah hal yang mutlak ada. Keberadaan sebuah karpet masjid tentu akan menjadikan ibadah menjadi lebih nyaman dan khusyuk. Namun sayangnya hal ini kurang dipahami oleh beberapa takmir masjid. Masih banyak masjid yang tidak memperhatikan hal tersebut sehingga karpet menjadi bau dan mengurangi kekhusyukan ibadah.

Untuk mencegah timbulnya bau pada karpet dan sajadah masjid, maka karpet perlu dicuci secara teratur dan dengan cara yang benar. Beberapa langkah mencuci karpet tidak dapat disamakan dengan cara mencuci baju atau kain biasa. Untuk itu perlu kecermatan dan ketelitian dalam mencuci karpet masjid karena terkadang di tempat jual karpet masjid di bekasi pun tidak diberikan penjelasan bagaimana cara mencucinya.

Cara mencuci karpet masjid yang benar

  1. Bersihkan Seluruh Permukaan Karpet Menggunakan Vacuum Cleaner

Karena terletak di bawah dan fungsinya sebagai alas dalam sebuah masjid, kebanyakan kotoran yang menempel di karpet merupakan partikel-partikel debu yang menyelip di sela-sela seratnya. Untuk menghilangkan partikel debu yang kecil dan susah terlihat oleh mata telanjang, maka perlu menggunakan vacuum cleaner.

Yang perlu diketahui, membersihkan debu ini harus dilakukan pada urutan pertama sebelum karpet mulai dicuci menggunakan air.

  1. Gantungkan Karpet pada Jemuran Khusus

Teknik mencuci ini sudah lazim dilakukan ketika hendak mencuci karpet dan sejenisnya anda dapat pula memperhatikan di toko yang jual karpet masjid di bekasi kebanyakan melakukan teknik yang sama. Sebaiknya Anda gantungkan saja karpet yang hendak dibasahi pada sebuah jemuran khusus. Jika mencucinya dalam keadaan tergeletak di lantai justru akan menyulitkan Anda dan mengakibatkan karpet kembali kotor.

  1. Semprot Bagian Atas Karpet dengan Air Bertekanan Tinggi

Setelah menggantungnya, pastikan semprotan air yang akan Anda gunakan untuk membasahi karpet yang kotor adalah semprotan air yang memiliki tekanan tinggi. Hal ini diperlukan untuk membersihkan sisa kotoran yang belum terangkat dengan vacuum cleaner.

  1. Gunakan Sabun Khusus untuk Membersihkan Karpet

Gunakan sabun yang memang dibuat khusus untuk membersihkan karpet. Jangan sampai menggunakan deterjen untuk baju biasa karena dapat merusak serta karpet dan ada kemungkinan karpet tidak bersih. Kemudian gosok dengan menggunakan sikat halus yang tidak berpotensi merusak serat atau permukaan karpet.

  1. Jemur Karpet yang bahas dengan diangin-anginkan

Sebaiknya menjemur karpet dengan cara diangini sebab bila Anda menjemur karpet langsung di bawah matahari, akibatnya warna karpet pun memudar dan lama-kelamaan seratnya akan rusak. Hal ini karena adanya sinar ultraviolet yang terkandung pada cahaya matahari.

Pastikan tempat Anda menjemur adalah tempat yang sejuk dan sirkulasi udaranya lancar, jangan menjemur di tempat yang lembab. Dan pastikan karpet benar-benar kering sebelum dipasang kembali. Proses pengeringan ini memang memakan waktu yang cukup lama.

  1. Baking Soda untuk Menghilangkan Bau

Karpet yang baru saja dicuci biasanya memiliki bau yang tidak sedap. Anda dapat menggunakan baking soda yang merupakan bahan alami yang paling manjur digunakan untuk menetralisir bau. Caranya adalah dengan menaburkan baking soda secukupnya di atas permukaan karpet, lalu tunggu sekitar 30-45 menit. Jangan lupa untuk menyedot baking soda menggunakan vacuum cleaner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *